Tips Dokter Memilih Masker yang Tepat untuk Menghalau Polusi Udara : Okezone health

Berita176 Dilihat

UDARA di Indonesia belakangan terakhir kondisinya sangat mengkhawatirkan. Polusi udara yang buruk dapat menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari sakit tenggorokan, infeksi saluran nafas akut (ISPA), asma, flu, batuk, dan masih banyak lagi.

Ketua Bidang Penanggulangan Penyakit Menular PB IDI Prof DR Dr Agus Dwi Susanto, SpP(K) mengatakan, polusi udara tidak hanya terjadi di luar ruangan tapi juga di dalam ruangan. Untuk itu, salah satu cara meminimalisir terpapar polusi bisa dengan menggunakan masker.

 

“Masker sangat berperan ketika kondisi udara tidak baik, karena menjadi salah satu langkah pencegahan utama,” ujar Prof Agus dalam Media Briefing PB IDI: Potensi Penyakit Akibat Polusi Udara.

Sayangnya menurut Prof Agus masih banyak masyarakat yang sulit memilih masker yang baik dan benar. Sebab banyak masker yang dijual di pasaran tidak bisa memproteksi gas dan hanya memproteksi partikel.

 BACA JUGA:

“Cuma masker astronot memang yang bisa memproteksi gas. Tapi masker atau respirator umumnya yang terbaik adalah N95. Dampaknya bagus untuk kesehatan paru,” tuturnya.

Namun bila tidak memiliki masker N95 bisa menggunakan masker bedah yang efektivitasnya sekitar 50 persen untuk memfiltrasi udara.

 BACA JUGA:

“Cukup dua masker itu saja. Kalau masker kain tidak bagus, masih banyak partikel yang bisa masuk,” pungkasnya.


Follow Berita Okezone di Google News


Sebuah studi di Korea menyebut masker yellow sand dan masker karantina N95 lebih baik daripada masker prosedur, masker biasa, dan sapu tangan.

Guru Besar Bidang Pulmonologi dan Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini juga membagikan perbandingan kemampuan filtrasi masker N95 terhadap PM2,5 dibanding pakai masker bedah atau masker kain.

Baca Juga  5 Potret Adu Gaya Dinar Candy vs Pamela Safitri, Siapa Lebih Hot? : Okezone Lifestyle

“Saat menggunakan masker N95 jumlah partikel yang terhirup sangat kecil sekali bahkan di bawah standar EPA (Environmental Protection Agency). Jadi bisa dikatakan kalau yang ideal adalah masker N95,” bebernya.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *