Super Cuan! Orang Terkaya RI Ini Hartanya Terbang ke Langit

Berita77 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Dalam setahun terakhir jumlah kekayaan taipan RI tercatat tumbuh fantastis yakni meningkat 40% menjadi Rp 252 miliar (Rp 3.906 triliun) dari semula US$ 180 miliar (Rp 2.790 triliun).

Dibandingkan dengan daftar kekayaan tahun lalu, ada sejumlah nama yang kekayaannya melesat sangat tinggi. 

Sebut saja Prajogo Pangestu yang harta kekayaannya pada 2022 sebesar US$5,1 miliar. Dalam daftar Indonesia’s 50 Richest terbaru dari Forbes hartanya melonjak 756,9% menjadi US$ 43,7 miliar atau setara Rp 679,66 triliun (kurs Rp 15.553). 

Kekayaan Prajogo melesat setelah membawa perusahaan energi baru terbarukan Barito Renewables Energy (BREN) melantai di Bursa Efek Indonesia pada tahun ini. 

Kemudian kekayaan Low Tuck Kwong dalam daftar Forbes terbaru naik 124,8% menjadi US$ 27,2 miliar atau setara Rp 423,04 triliun dari sebelumnya US$ 12,1 miliar. 

Dia dikenal sebagai raja tambang seiring dengan kepemilikan saham di Bayan Resources (BYAN), produsen batu bara terbesar ketiga RI. 

Orang ketiga yang tercatat kekayaannya melesat tinggi adalah Dewi Kam. Dibandingkan dengan tahun lalu, harta kekayaan ratu batu bara ini naik 122,5% menjadi US$ 4,45 miliar atau setara Rp 69,21 triliun. 

Sama dengan Low Tuck Kwong, harta Dewi juga melesat seiring kenaikan saham BYAN. Tahun ini Dewi Kam tercatat sebagai orang terkaya ke-10, naik dari sebelumnya peringkat ke-21.

Selain ketiga orang tersebut, ada beberapa orang lain yang juga harta kekayaannya melambung tinggi tahun ini. Namun pada tahun lalu mereka belum masuk ke dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia. 

Satu di antaranya, Agoes Projosasmito bahkan langsung merangsek ke dalam daftar 10 besar orang terkaya di Indonesia. 

Baca Juga  Perbandingan Paylater BCA & Bank Mandiri, Murah Mana?

Agoes adalah presiden komisaris Amman Mineral Internasional (AMMN), perusahaan tambang emas dan tembaga terbesar kedua di Indonesia. Dia memiliki saham minoritas di perusahaan yang melantai di Bursa Efek Indonesia pada Juli 2023. 

Dalam daftar 50 orang terkaya tahun ini,Agoes tercatat memiliki harta US$ 5,4 miliar atau setara Rp 83,98 triliun. Dia menyalip nama-nama lama seperti Tahir, Djoko Susanto, hingga Susilo Wonowidjojo.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Daftar 10 Orang Terkaya RI 2023, 2 Wajah Baru Bikin Kaget

(mkh/mkh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *