PLN Siap Pasok Listrik ke IKN Lewat PLTS : Okezone Economy

Berita153 Dilihat

JAKARTAPLN bakal memasok listrik ke IKN Nusantara lewat PLTS. Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Agung Wicaksono mengatakan PT PLN (persero) akan menyediakan energi baru terbarukan lewat pembangkit listri tenaga surya (PLTS).

Agung menjelaskan PT PLN akan bekersama dengan pihak swasta dan pada tahap awal akan mampu menyediakan listrik sebanyak 56 mega watt. Kehadiran listrik tersebut merupakan komitmen pemerintah dalam rangka mewujudkan IKN sebagai kota berkelanjutan.

“Tadi confirm akan tersedia tepat waktu, akan dibangun 56 mega watt, (PLTS) ini ditanah. Tadi dibahas, akan tersedia tepat waktu,” ujar Agung saat ditemui di Kantor Kemenko Marves, Jumat (18/8/2023).

Agung menjelaskan penyediaan PLTS itu merupakan direktif langsung dari Presiden kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan menunjuk PT PLN dalam rangka penyediaan energi bersih di IKN.

“Itu PLN yang membangun, bekerjasama dengan pihak yang membawa teknologi, lewat penugasan Pemerintah. karena seusai dengan Perpres ada penugasan dari Kementerian ESDM untuk ada PLTS sebesar 56 mega watt,” sambungnya.

Baca Juga: 7 Keunggulan Mobil Innova Reborn, Wajib Tahu Sebelum Beli!


Follow Berita Okezone di Google News


Pada kesempatan tersebut, Agung juga memberikan update bahwa hingga saat ini terdapat 8 investor yang siap mulai melakukan pembangunan di IKN. Mereka merupakan para investor yang berasal dari dalam negeri yang akan menggarap berbagai sektor di IKN mulai dari pendidikan, rumah sakit, mall, perkantoran, hingga hotel.

“Realisasi investasi, saat ini kita sudah ada 8 kelompok dalam negeri, yang sudah berkomitmen, sepakat, saat ini fasenya penyelesaian nilai tanah, setelah penyelesaian nilai tanah, kemudian pengalokasian tanahnya,” kata Agung.

Baca Juga  Dorong Keran Investasi, Bank Mandiri Gelar Investment Forum

Sekedar informasi ke 8 perushaan yang siap melakukan groundbreaking antara lain, Pakuwon Group, RS. Hermina, Jakarta International School, Ciputra Gorup, PT PP (Persero), Jambuwuluk Hotels & Resort, Vassanta Innopark, hingga Agung Sedayu Group, yang belum lama ditunjuk untuk memimpin konsorsium PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) investasi di IKN.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *