Pastikan Longspan LRT Jabodebek Aman, Menhub: Sudah Diasesmen PUPR : Okezone Economy

Berita163 Dilihat

JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan jembatan lengkung bentang panjang (longspan) LRT Jabodebek di Gatot Subroto-Kuningan aman dilalui rangkaian LRT Jabodebek.

Hal tersebut kata Menhub lantaran longspan LRT Jabodebek di Gatot Subroto-Kuningan sudah mendapatkan penilaian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Jaminan (Aman) InsyaAllah. Jadi itu Kementerian PUPR juga sudah mengasesmen itu ” kata Menhub di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Menhub mengatakan bahwa longspan LRT Jabodebek di Gatot Subroto-Kuningan bukan salah desain. Melainkan longspan tersebut adalah solusi desain yang memungkinkan dengan kondisi wilayah tersebut.

Saya tidak ngomong salah dan benar, tetapi adalah suatu kelaziman bahwa pada satu tikungan harus ada solusi,” katanya.

Baca Juga: Bertabur Hiburan dan Edukasi Keuangan, Pesta Rakyat Simpedes 2023 Siap Menyapa Warga Bandung


Follow Berita Okezone di Google News


“Coba bayangin kalau di tengah-tengahnya ada kolom, atau dibikin segi empat, suruh berhenti? ya itu solusi desain yang optimum, saya tidak katakan itu maksimum, jadi kalau saya bisa katakan tidak salah, itu adalah solusi desain,” tambahnya

Menhub menambahkan desain tersebut memang terdapat hambatan. Oleh karenanya arsitek engineer mencari solusinya.

“Jadi kalau saya sih sebagai engineer juga mengapresiasi suatu karya anak bangsa, desain, wanita dari Bandung dengan panjang dan tikungan pertama kali,” katanya.

Lebih lanjut terkait dengan isu kecepatan menurun saat melewati longspan tersebut. Menhub mengatakan bahwa keadaan tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia melainkan juga seluruh dunia.

“Itu tidak di Indonesia saja, di seluruh dunia, kalau ada tikungan harus pelan,” katanya.

Baca Juga  Langka! Penerima Gas Elpiji 3 Kg Harus yang Berhak dan Terdaftar : Okezone Economy

Nantinya kata Menhub, pihaknya akan memberikan sejumlah kriteria yang harus dipenuhi saat melaju pada longspan tersebut

“Saya akan memberikan suatu rambu-rambu, apa yang harus dipenuhi, rambu pertama adalah safety, kedua security, ketiga ketepatan waktu. Jadi kalau nanti kita 43 menit, ya 43 menit, nggak boleh goyang, mau di situ 20 km/jam, 40 km per jam, harus dikompensasi pada jarak-jarak yang lain ya,” katanya.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *