Mengenal Juru Langsir Stasiun yang Jadi Pekerjaan Terduga Teroris Pegawai PT KAI : Okezone Nasional

Berita155 Dilihat

JAKARTA – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap tersangka teroris di Bekasi berinisial DE yang merupakan seorang karyawan BUMN di PT Kereta Api Indonesia (KAI), pada Senin, 14 Agustus 2023.

Polisi melakukan penggeledahan pasca-penangkapan DE. Dalam operasi itu, aparat melakukan penyitaan terhadap sejumlah senjata api (senpi) rakitan. Pegawai yang ditangkap Densus 88 karena diduga terkait paham teroris dan anarkisme, ternyata bekerja sebagai pegawai langsir di Daop 1 DKI Jakarta.

Lalu, apa itu petugas langsir dan seperti apa pekerjaannya? Simak ulasannya berikut ini, berdasarkan informasi dari Wikipedia, Rabu (16/8/2023).

Langsir (atau lebih populer dengan istilah langsiran) adalah sebuah pergerakan dari rangkaian kereta, gerbong, atau hanya lokomotif di luar jadwal keberangkatan kereta api untuk berpindah jalur rel, dan biasanya kereta tersebut tidak ada penumpangnya. Kata langsir merupakan serapan dari bahasa Belanda, yaitu rangeer. Perpindahan jalur terutama diperlukan untuk memisahkan, merangkaikan, maupun memindahkan rangkaian kereta, gerbong, dan lokomotif.

Karena proses langsir membutuhkan ketelitian serta keahlian khusus agar dapat berlangsung dengan aman, maka kegiatan langsir dipandu oleh seorang petugas yang biasa disebut dengan juru langsir. Juru langsir dapat turun langsung ke emplasemen depo maupun ke emplasemen stasiun untuk memandu rangkaian kereta yang dilangsir olehnya.

Untuk kepentingan operasi kereta api dilaksanakan langsiran guna, untuk menyusun rangkaian kereta api, menambah gerbong atau mengurangi gerbong dalam rangkaian, menghapuskan rangkaian, bagi kereta yang akan kembali ke depo kereta, memindahkan rangkaian kereta dari satu jalur ke jalur yang lain.


Follow Berita Okezone di Google News


Lalu untuk tempat pelaksanaan, langsiran dapat dilakukan di wilayah stasiun maupun di luar wilayah stasiun, dengan ketentuan tidak mengganggu perjalanan kereta api. Batas langsiran di wilayah stasiun ditentukan sampai dengan tanda batas langsiran di stasiun pada jarak 50 meter dari arah sinyal masuk ke arah stasiun. Batas langsiran di luar wilayah stasiun ditentukan sampai dengan tanda batas yang tercantum dalam peraturan pengamanan setempat.

Baca Juga  Nyangkut di Saham META Jelang Delisting? Ini Jalan Keluarnya

Pekerjaan langsiran, membutuhkan keahlian khusus, maka PT KAI memerlukan sesorang yang memiliki keahlian tersebut, agar proses perpindahan rangkaian berhasil dan aman, yang merupakan salah satu tugas DE.

Mayoritas operator rem, sinyal, dan langsir Kereta Api mendapatkan gaji antara Rp2,550,594 dan Rp5,325,438 per bulan di 2023.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *