Ingin Belajar Bahasa Jerman tapi Kesulitan? Sontek 5 Dulu Tipsnya : Okezone Lifestyle

Berita165 Dilihat

BAHASA Jerman menjadi bahasa asing nomor lima yang paling banyak digunakan di dunia, namun di saat yang bersamaan jadi salah satu bahasa asing yang terdengar sulit untuk dipelajari.

Makanya, tak heran tidak banyak masyarakat Indonesia yang akhirnya memilih untuk enggan menekuni bahasa asing yang satu ini.

Diungkap Dita Amelia, guru bahasa Jerman di Magna Education, salah satu bagian tersulit dalam belajar bahasa Jerman dibanding dengan bahasa asing lainnya adalah memahami kata benda.

“Bahasa Jerman biasanya kesulitannya kata benda ya. Sebab kata benda dalam bahas Jerman punya gender, maskulin, feminin, netral,” jelas Dita Amelia saat ditemui di program Morning Update iNews TV,  Rabu (15/8/2023).

“Itu sifatnya hafalan dan itu yang kadang sulit bagi siswa belajarnya,” tambahnya.

Walaupun demikian, hal tersebut jangan sampai mematahkan semangat untuk mempelajari bahasa Jerman. Sebab, ada banyak sekali manfaat yang akan kita dapat jika menguasai bahasa Jerman. Mulai dari berkuliah hingga berkarier di negara maju tersebut.

Nah, berikut ini Dita Amelia memberikan tips agar mudah belajar bahasa Jerman. Simak dan praktikkan langsung yuk!

1. Menonton YouTube: YouTube bisa jadi sarana belajar yang paling mudah diakses. Anda bisa belajar apapun melalui YouTube. Dita pun menjelaskan jika bisa mempelajari bahasa Jerman dari sini.

(Foto: MPI/ Devi) 

“Banyak sekarang video pembelajaran melalui YouTube, video singkat yang dari native asli itu bisa melatih pendengaran,” kata Dita.


2. Pakai aplikasi pembelajaran : Anda bisa mengunduh aplikasi pembelajaran melalui ponsel pintar. Salah satu aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan adalah duolingo.

3. Cari partner belajar : Bisa karena terbiasa adalah salah satu pribahasa yang sangat cocok untuk belajar bahasa. Anda akan lebih muda dalam mempelajari suatu bahasa jika terbiasa menggunakan bahasa yang sedang kita pelajari. Makanya, Dita menyarankan untuk mencari partner belajar bahasa Jerman. Kalau bisa, carilah partner orang Jerman asli melalui aplikasi online seperti Tandem.

Baca Juga  Berkat 6 Saham Big Cap Ini, IHSG Pepet Level 7.100-an

4. Ikut kelas bahasa Jerman : Pembelajaran melalui kelas bahasa Jerman akan lebih efektif untuk yang merasa malas belajar bahasa Jerman sendirian. Sebab, dengan mengikuti kelas bahasa Jerman, bisa menjadi konsisten untuk belajar. Selain itu, juga akan dikontrol langsung oleh guru selaku pengajar profesional.

5. Ingat tujuan utama belajar: Menurut Dita, ketika rasa lelah dan ingin menyerah sedang melanda serta semangat belajar telah hilang, maka tinggal ingat-ingat kembali tujuan utama dalam belajar bahasa Jerman.

“Karena seseorang belajar bahasa Jerman pasti ada tujuannya. Enggak asal belajar. Pasti ada tujuannya untuk study, kerja, atau menikah dengan orang Jerman,” tutup Dita singkat.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *