Harta 50 Orang Terkaya Filipina 2023 Naik Jadi Rp1.200 Triliun : Okezone Economy

Berita172 Dilihat

JAKARTA Harta kekayaan 50 orang terkaya Filipina tahun ini mengalami kenaikan. Hal ini sejalan dengan membaiknya perekonomian negara tersebut

Perekonomian Filipina tumbuh 6,4% pada kuartal I tahun 2023. Pertumbuhan ini menandai ekspansi berkelanjutan selama dua tahun sejak pulih dari pandemi covid-19.

Indeks saham Filipina juga berhasil naik 6% meskipun inflasi dan suku bunga tinggi. Kondisi tersebut membuat kekayaan gabungan dari 50 orang terkaya Filipina naik menjadi USD80 miliar atau setara Rp1.200 triliun (kurs Rp15.000 per USD) dari USD72 miliar tahun lalu.

Kekayaan gabungan tersebut dipimpin oleh Sy bersaudara yang menempati peringkat pertama. Sy bersaudara merupakan pewaris grup yang dibangun oleh mendiang Henry Sy Sr dengan total kekayaan USD14,4 miliar.

Harta Sy bersaudara naik USD1,8 miliar dibandingkan tahun lalu. Saham SM Investments andalan mereka, konglomerat dengan minat di bidang perbankan, properti, dan ritel, melonjak 19% di tengah pemulihan belanja konsumen pasca pandemi.

Kemudian peringkat kedua dimiliki oleh Taipan properti Manuel Villar dengan kekayaan USD9,7 miliar. Harta Manuel Villar naik USD1,9 miliar, didukung oleh pasar perumahan yang tangguh. Villar juga mencatatkan bisnis listriknya, Premiere Island Power REIT, pada Desember 2022.

Baca Juga: Bertabur Hiburan dan Edukasi Keuangan, Pesta Rakyat Simpedes 2023 Siap Menyapa Warga Bandung


Follow Berita Okezone di Google News


Meskipun perekonomian membaik, miliarder di Filipina tetap menghadapi tantangan ketidakpastian di pasar saham. SM Prime milik keluarga Sy bersaudara menunda penawaran umum perdana senilai USD1 miliar dari pusat perbelanjaan REIT, yang semula dijadwalkan tahun lalu.

IPO Perdana Infrastruktur Modal, dikendalikan oleh Razon, juga tertunda, dengan investor menunjukkan preferensi untuk sekuritas pendapatan tetap di tengah kenaikan suku bunga.

Baca Juga  Ramalan Zodiak 11 Agustus: Cancer Ambil Keputusan Cepat, Virgo Kurang Enak Badan Bikin Kesal : Okezone Lifestyle

Sementara itu, dalam daftar 50 orang terkaya Filipina terdapat tiga pendatang baru. Semua pendatang baru ini adalah pewaris. Keluarga Gotianun, di peringkat 22 dengan kekayaan USD850 juta, mewarisi saham konglomerat Filinvest Development dari ibu pemimpin Mercedes Gotianun, yang meninggal Desember lalu.

Kemudian pendatang baru berikutnya Keluarga Yuchengco, pewaris Alfonso Yuchengco dan pemegang saham terbesar dari Rizal Commercial Banking Corp., salah satu pemberi pinjaman terbesar di negara itu, juga bergabung dengan peringkat tersebut dengan USD420 juta.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *