Gerai DPMPTSP DKI Hadir di Stasiun MRT untuk Dekatkan Pelayanan Publik : Okezone Megapolitan

Berita162 Dilihat

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), memberikan kemudahan layanan publik bagi masyarakat dengan membuka Gerai Pelayanan Publik – Memulai Usaha di Stasiun MRT Blok A, Jakarta Selatan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta Benni Aguscandra mengatakan bahwa kehadiran Gerai Pelayanan Publik di Stasiun MRT Blok A ini sekaligus menjawab tantangan dalam memberikan pelayanan publik yang prima.

“Dulu waktu saya belajar tata kota, pusat itu adanya di kantor kelurahan, kantor kecamatan, kantor walikota. Tetapi dengan adanya angkutan massal, pusat itu bukan di situ lagi, pusat itu mungkin di stasiun-stasiun, orang lebih sering datang ke stasiun daripada datang ke kelurahan,” ungkap Benni, Kamis (10/08/2023).

Benni menyebut bahwa Gerai DPMPTSP DKI Jakarta di Stasiun MRT Blok A merupakan bagian dari upaya DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dalam memberikan layanan perbantuan perizinan dengan kemudahan dan pendekatan layanan ke warga Jakarta. Melalui gerai ini, masyarakat bisa melakukan konsultasi perizinan maupun nonperizinan.

Tidak hanya itu, para pelaku usaha juga bisa mengurus dokumen perizinan usaha berupa Nomor Induk Berusaha (NIB). “Ini bagian dari layanan perbantuan selain Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB), dan ini gratis. Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan layanan, orang sambil jalan turun dari stasiun,” jelas Benni.

Sebagaimana komitmen Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, maka melalui Gerai Pelayanan Publik ini, Benni mengatakan pihaknya siap melakukan asistensi pengurusan izin usaha dan administrasi lainya yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha khususnya pelaku Usaha Mikro dan Kecil.

“Sebagaimana amanat Pj Gubernur DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta berkomitmen dan berperan aktif dalam mengembangkan Usaha Mikro dan Kecil. Berbagai program telah Kami jalankan untuk memajukan Usaha Mikro dan Kecil di Jakarta. Dalam aspek legalitas, Kami terus mendukung kemudahan akses dan percepatan pemberian izin usaha berbasis online termasuk NIB,” jelas Benni.

Baca Juga  Pemilu 1 Putaran Hingga Isu The Fed, Pasar Keuangan RI Bisa Terbang?


Follow Berita Okezone di Google News


Benni berharap, kehadiran Gerai DPMPTSP DKI Jakarta di Stasiun MRT Blok A ini dapat membuka kembali ruang-ruang kolaborasi dan sinergitas para pemangku kepentingan, dengan menghadirkan lebih banyak inovasi yang dapat terus mendorong lahirnya para pelaku usaha yang naik kelas dan berhasil di Jakarta. “Mudah-mudahan ini bisa berlanjut di stasiun-stasiun lainnya,” tutup Benni.

 BACA JUGA:

Sementara itu, Direktur Pengembangan Bisnis PT. MRT Jakarta, Farchad Mahfud mengatakan, pihaknya tidak hanya mengupayakan gerai-gerai yang bersifat komersial, tapi juga mengedepankan gerai-gerai yang bersifat layanan publik.

“Dengan dibukanya gerai pelayanan publik di Stasiun MRT Jakarta maka hal ini menjadi salah satu katalisator pelayanan publik dengan seamless mobility, karena Pelayanan Publik terdapat di dalam jaringan transportasi perkotaan yang membentang dari lebak bulus sampai bundaran HI,” ungkap Farchad saat peresmian Gerai Pelayanan Publik di Stasiun MRT Blok A, Kamis (10/08/2023).

 BACA JUGA:

Farchad mengatakan, di Stasiun MRT Blok A saat ini tersedia dua layanan publik, yakni “PTSP Goes to MRT” dan “Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM)”. Adapun Gerai pelayanan publik DPMPTSP DKI Jakarta yang ada di stasiun MRT Jakarta fokus kepada Gerai Memulai Usaha, serta konsultasi pelayanan perizinan dan nonperizinan di Jakarta.

Sementara Anjungan Dukcapil Mandiri atau ADM, dimana dengan mesin ADM ini masyarakat yang ada atau tinggal di sepanjang jalur MRT dapat melakukan pencetakkan secara mandiri dokumen pribadi yang dibutuhkan.

Farchad pun berharap kedepannya akan lebih banyak lagi kolaborasi MRT Jakarta dengan penyelenggara pelayanan publik. Sebab menurutnya, hal tersebut dapat berdampak positif dan memberikan kemudahan bagi masyarakat luas.

Baca Juga  BI Beberkan Asing Masih Serbu Pasar Keuangan RI!

“Kami mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Pemprov DKI Jakarta, khususnya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, Dinas PMPTSP dan Dinas Dukcapil atas kolaborasi yang telah terjalin, semoga kolaborasi dapat terus berkembang dan mewujudkan kemudahan bagi masyarakat luas,” tutup Farchad.

Dalam peresmian gerai pelayanan publik tersebut, juga dilakukan penyerahan secara langsung Nomor Induk Berusaha (NIB), Apresiasi Penghargaan tertib penyampaian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) tepat waktu dan Apresiasi Penghargaan tertib dalam melengkapi perizinan kepada para pelaku usaha di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *