DPR Tampilkan Wajah Terbaik Indonesia di Pentas Dunia saat Sidang AIPA : Okezone Nasional

Berita158 Dilihat

JAKARTA – Perhelatan ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) ke-44 yang diselenggarakan DPR RI pekan lalu dinilai telah merelevankan Indonesia di kancah internasional. Sebagai tuan rumah sidang forum parlemen se-Asia Tenggara itu, DPR dinilai telah menampilkan wajah terbaik Indonesia.

“Sidang AIPA telah secara optimal dimanfaatkan secara positif oleh DPR Indonesia melalui Ketuanya, Puan Maharani,” kata Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Prof Hikmahanto Juwana, Senin (14/8/2023).

Dalam Sidang Umum AIPA ke-44, Ketua DPR RI yang juga menyandang posisi sebagai Presiden AIPA 2023 Puan Maharani membawa sejumlah isu besar. Seperti tentang ancaman ketegangan geopolitik yang harus diantisipasi negara-negara Asia Tenggara, salah satunya dengan menekankan ASEAN Solidarity.

Puan juga meminta komitmen ASEAN di tengah berbagai permasalahan global, mulai dari rivalitas kekuatan besar, isu kemiskinan, ketimpangan, industrialisasi, globalisasi, gender, kesehatan, pendidikan dan lingkungan hidup. Ia pun mengingatkan AIPA untuk menyelesaikan isu prioritas yang menjadi kepentingan bersama antara lain terkait tata ekonomi dunia yang adil dan mitigasi perubahan iklim.

Menurut Prof Hikmahanto, Puan telah membawa DPR RI turut serta meningkatkan citra Indonesia melalui isu-isu yang dibawanya. “Ini merupakan upaya lembaga negara merelevankan Indonesia dalam pentas dunia yang patut untuk diapresiasi,” jelas Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani itu.

“Terlebih lagi Sidang AIPA ke-44 menyepakati pembentukan tim khusus yang berupaya mencari jalan keluar krisis di Myanmar,” sambung Prof Hikmahanto.

Sidang Umum AIPA di Jakarta menghasilkan 30 resolusi dari berbagai komite AIPA yang akan diadopsi untuk kepentingan kawasan Asia Tenggara. Resolusi tersebut berasal dari Komite Parlemen Wanita, Komite Parlemen Muda atau Young Parliamentarians of AIPA (YPA), Komite Urusan Politik, Komite Ekonomi, Komite Urusan Sosial, Komite Urusan Organisasi, dan Komite Urusan Organisasi.

Baca Juga  Dolar AS Perkasa, Bagaimana Nasib Rupiah Pasca BI Tahan Suku Bunga?

Beberapa resolusi merupakan usul dari DPR mewakili Indonesia, salah satunya resolusi kerja sama parlemen untuk mencapai perdamaian jangka panjang di Myanmar dari Komite Urusan Politik AIPA. Komite ini juga sepakat membentuk tim monitoring dari AIPA untuk memonitor upaya perdamaian konflik di Myanmar.


Follow Berita Okezone di Google News


Tim dari AIPA akan membantu memantau pelaksanaan Konsensus 5 Poin penyelesaian konflik di Myanmar yang telah disepakati negara-negara Asia Tenggara. Selain itu, Tim AIPA juga berencana mengunjungi Myanmar untuk melihat langsung kondisi masyarakat di sana.

Tak hanya soal krisis Myanmar, Sidang Umum AIPA juga membahas mengenai masalah Laut China Selatan yang masih menjadi sengketa sejumlah negara di Asia Tenggara. AIPA pun turut membahas soal konflik Rusia-Ukraina yang masih belum selesai dan berdampak secara global, termasuk di kawasan ASEAN.

Lebih dari itu, DPR pun menyelipkan upaya diplomasi parlemen lewat hospitality-nya sebagai tuan rumah. Perhelatan Sidang Umum AIPA ke-44 kental akan seni budaya dan promosi pariwisata kepada para delegasi.

“Sidang AIPA juga mendukung upaya Pemerintah untuk mengenalkan berbagai obyek pariwisata di Indonesia, di samping agar para delegasi dapat melihat keramahan masyarakat Indonesia,” terang Prof Hikmahanto.

Hosting DPR pada Sidang Umum AIPA tahun ini memang mendapat banyak pujian dari anggota parlemen ASEAN, perwakilan negara observer dan organisasi yang menjadi delegasi pada salah satu event internasional bergengsi itu.

Sebab DPR banyak menyajikan ragam seni budaya selama perhelatan Sidang Umum AIPA. Seperti saat Gala Dinner di mana para delegasi disuguhkan dengan pertunjukan seni budaya Indonesia. Delegasi juga merasa terpuaskan dengan suguhan kuliner-kuliner khas berbagai daerah seperti Soto Lamongan, Es Doger, hingga surabi.

Baca Juga  Para Paus Koleksi Kripto, Bitcoin Langsung Sentuh US$40.000

“Penyelenggaraan sangat terorganisir, kami para delegasi sangat bahagia apalagi saat Gala Dinner dan Solidarity Dinner, di luar dugaan kami,” ungkap Anggota Parlemen Filipina, Maria Rachel Arenas.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *