Catat! Jadwal Terbaru Rapat Dewan Gubernur BI 2024

Berita69 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia (BI) baru saja mengeluarkan jadwal Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan tahun 2024. Di mana RDG diselenggarakan sekurang-kurangnya 1 kali dalam sebulan untuk menetapkan kebijakan umum di bidang moneter.

Hal ini sesuai dengan pasal 43 Undang-Undang Republik Indonesia No.23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia yang telah diubah beberapa kali, terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia No.4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK).

“RDG Bulanan merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi di Bank Indonesia untuk menetapkan kebijakan umum di bidang moneter, makroprudensial, dan/atau sistem pembayaran, dalam bentuk bauran kebijakan utama,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam siaran pers, Jumat (22/12/2023)

RDG Bulanan di Bank Indonesia diselenggarakan selama 2 (dua) hari berturut-turut yang merupakan satu kesatuan rangkaian RDG. Pada hari pertama, RDG bulanan membahas hasil evaluasi terhadap kondisi dan prospek perekonomian, stabilitas sistem keuangan, sistem pembayaran, serta mengintegrasikan opsi bauran kebijakan.

Selanjutnya di hari yang kedua, RDG Bulanan membahas rekomendasi dan penetapan kebijakan moneter, makroprudensial, serta sistem pembayaran dalam satu bauran kebijakan.




Foto: Jadwal RDG Bulanan tahun 2024. (Dok. Bank Indonesia)
Jadwal RDG Bulanan tahun 2024. (Dok. Bank Indonesia)

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


BI Tahan Suku Bunga di 5,75%, Ini Lho Alasannya!

(mij/mij)


Quoted From Many Source

Baca Juga  10 Pemain Borneo FC Kalahkan Persikabo 1973, Pelatih Puji Habis Perjuangan Stefano Lilipaly Cs : Okezone Bola

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *