Bukan Emas & Saham, Ini Cara Investasi Cuan Tanpa Trading

Berita74 Dilihat

Jakarta, CNCB Indonesia – Peningkatan literasi finansial di Indonesia tercermin dari diversifikasi investasi yang semakin meluas, khususnya terlihat dari ragamnya portofolio investasi. Para pekerja kantoran atau pun informasi yang berpenghasilan tetap kini mulai mengalokasikan sebagian pendapatannya untuk berinvestasi.

Investasi emas menjadi alternatif menarik di tengah ketidakpastian ekonomi, sering dianggap sebagai langkah melindungi nilai investasi (hedging). Selain emas, saham menawarkan potensi keuntungan besar namun juga datang dengan risiko tinggi.

Begitu juga dengan investasi dalam aset kripto yang dikenal karena volatilitasnya yang cukup tinggi.

Untuk itu, berikut rangkuman investasi yang cocok untuk karyawan, yang bisa diikuti untuk investor pemula.

1. Deposito

Pilihan investasi pertama yang paling umum dikenal adalah deposito. Pilihan investasi ini tidak membutuhkan skill apapun untuk memulainya. Caranya cukup sediakan modal untuk disimpan di bank dengan periode tertentu. Deposito biasanya bisa disimpan dalam waktu satu bulan hingga dua tahun.

Bank kemudian akan memberikan imbal hasil dengan persentase tertentu sesuai jumlah uang yang disimpan, biasanya sekitar 5%. Jenis investasi ini cocok untuk pemula karena relatif mudah.

2. Reksadana

Reksadana merupakan model investasi yang pengelolaannya dipegang oleh manajer investasi. Investor cukup menaruh sejumlah uang sesuai kemampuan kemudian manajer investasi akan mendistribusikan uangnya.

Reksadana dipandang sebagai investasi yang lebih menguntungkan lantaran suku bunganya yang lebih tinggi dibanding model investasi lainnya. Investor juga tak memiliki patokan jumlah uang yang harus diinvestasikan.

3. Obligasi

Obligasi merupakan investasi berupa membeli surat-surat berharga dalam jangka waktu tertentu -biasanya lebih dari satu tahun- dari pihak-pihak yang membutuhkan modal. Tawaran obligasi bisa datang dari perusahaan negara maupun swasta.

Setelah jangka waktu investasi berakhir, surat-surat berharga akan ditarik kembali oleh pemberi investasi dan uang akan kembali. Imbal hasil dalam persentase tertentu akan diberikan per bulan selama waktu kontrak investasi.

[Gambas:Video CNBC]

(fab/fab)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Tempo Scan Bagi Dividen Interim Rp225,4 M, Catat Jadwalnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *