Bank Peraih Nobel Lewat, Kredit Ultramikro BRI Grup Terbesar di Dunia

Berita55 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso menyampaikan catatan gemilang kinerja perusahaan sepanjang tahun 2023. Dalam paparan kinerja setahun penuh, bank BUMN terbesar ini menyalurkan kredit Rp 1.266,4 triliun, yang mana 84,4% di antaranya disalurkan kepada UMKM serta nasabah marginal dengan akses keuangan dan perbankan yang terbatas.

BRI menyampaikan melalui integrasi ultramikro hingga akhir Desember 2023 jumlah nasabah yg dikelola holding ultramikro (UMi) BRI mencapai 37,3 juta nasabah peminjam.

Sunarso menyebut bahwa capaian gemilang yang fokus untuk memberi akses modal kepada warga miskin ini telah dipaparkan perusahaan dalam Word Economic Forum (WEF) yang diselenggarakan di Davos, Swiss beberapa waktu lalu.

Dalam paparan tersebut, Sunarso mengungkapkan BRI aktif melakukan pemberdayaan wanita salah satunya lewat Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar yang berhasil menyalurkan Rp 41,6 triliun kepada pelaku usaha wanita.

Sunarso membandingkan dengan bank yang didirikan oleh Muhammad Yunus, Grameen Bank, yang menyalurkan kredit kepada 10,6 juta nasabah. Grameen Bank yang memiliki solgan Bank for The Poor – bank warga miskin – menjadi salah satu pelopor utama kredit mikro.

Terobosan utama Grameen Bank adalah pemberian kredit kepada kelompok perempuan produktif yang masih berada dalam status sosial miskin. Model bismis Grameen bank sendiri saat ini telah diadopsi di banyak negara Asia dan Afrika. Berkat upaya pengentasan kemiskinan lewat pemberian akses finansial kepada kalangan miskin, Muhammad Yunus memperoleh Nobel Perdamaian pada tahun 2006.

Bos BRI mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan oleh anak usahanya, PNM Mekaar, sama dengan yang dijalankan oleh Grameen Bank dengan mayoritas kredit diberikan kepada wanita produktif. Dirinya juga menyebut atas kontribusi tersebut, PNM layak dinobatkan sebagai group lending ultramikro terbesar di dunia.

“Saya share ini karena PNM bagian dari holding ultramikro pantas mengklaim dirinya sebagai group lending terbesar di dunia,” sebut Sunarso dalam paparan kinerja BRI, Rabu (30/1/2024).

Baca Juga  AS Sedang Garap Studi Pembangunan Ekonomi Masa Depan di Bulan : Okezone techno

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Erick Thohir Jatuh Cinta Sama Program Jokowi Ini

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *