Banjir Order, Habco (HATM) Kebut Belanja Kapal Rp 400 M

Berita40 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Permintaan kapal yang terus melebihi kapasitas layanan angkut PT PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM) mendorong manajemen untuk mempercepat belanja modal untuk penambahan armada sehingga dapat meningkatkan kapasitas angkut. Pada tahun 2024 ini, HATM berencana untuk menambah sampai dengan 4 armada kapal dengan melakukan kombinasi strategi antara pembelian kapal baru dan penyewaan jangka panjang.

Salah satu dari langkah konkrit yang telah dilakukan manajemen adalah dengan melakukan kerja sama penyewaan mother vessel dengan berbagai pihak seperti PT PT Cakra Buana Resources Energi Tbk (CBRE) yang merupakan perusahaan jasa angkutan laut milik konglomerat RI Suganto Gunawan dan terafiliasi dengan suami Ketua DPR RI Puan Maharani, Happy Hapsoro.

“Sudah melakukan time-charter tambahan namun sepertinya tidak cukup, kami rasa langkah terbaik HATM di tahun 2024 ini adalah untuk menganggarkan pengadaan 2 (dua) kapal dengan kisaran belanja Rp 400 miliar” – ujar Andrew Kam selaku Direktur Utama HATM, Kamis (22/2/2024).

Andrew Kam kemudian menambahkan HATM pada saat ini memiliki neraca yang cukup kuat, dari segi proyeksi pendapatan laba dengan terbukti membukukan Rp 198 miliar pada tahun 2023, serta gearing ratio yang masih rendah. Tidak menutup kemungkinan belanja modal tersebut menggunakan kombinasi laba Perseroan serta pinjaman dari lembaga perbankan”.

HATM sendiri merupakan perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam operasional kapal bulk carrier yang saat ini memiliki 5 (lima) armada kapal, mengoperasikan total 6 (enam) armada kapal, yang merupakan bagian dari solusi maritim terintegrasi Induk Usaha PT Habco Primatama.

Diketahui bahwa PT Habco Primatama sudah berdiri sejak 1991 dan telah mengembangkan usaha pengangkutan kapal laut dari hulu ke hilirnya. Layanan Habco Group memiliki fokus pada logistik maritim yang termasuk namun tidak terbatas pada kapal tongkang, stevedoring, floating crane, docking, dan galangan kapal.

Baca Juga  Tips Diet Sehat ala Ade Rai, Mudah dan Murah : Okezone health

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Makin Dominan, Pengendali Beli 41,2 Juta Saham HATM

(ayh/ayh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *