97% Lapangan Kerja Diciptakan UMKM

Berita55 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat penting. Sebabnya mayoritas pada sektor ini yang paling banyak memberikan lapangan pekerjaan.

“Hari ini saya gunakan angka yang ada, Indonesia 97% job creation dilakukan oleh UMKM,” kata Sri Mulyani dalam acara BRI Microfinance Outlook 2024 di Menara BRILiaN, Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2024).

Menurut Sri Mulyani hal angka ini lebih relatif sangat tinggi dibandingkan negara lain. Sehingga menunjukkan penciptaan lapangan pekerjaan tidak hanya berasal dari sektor formal.

Selain itu menurut Sri Mulyani hal ini juga menentukan basis perpajakan, hingga tingkat kesejahteraan masyarakat. Sehingga ia mengapresiasi penetrasi agen BRILink yang menyentuh hingga level akar rumput.

“Karena mayoritas orang bekerja di UMKM pada sektor yang tidak formal dan ini menentukan kesejahteraan,” katanya.

“Makanya apa yang disampaikan pak Sunarso (Dirut BRI) dengan berbagai cara untuk penetrasi ke level akar rumput dengan BRILink dan digital teknologi kita harap akan banyak mengangkat sektor UMKM yang tadinya informal dan sifatnya tidak ajeg, menjadi lebih formal dan lebih ajeg dan pendapatannya juga lebih stabil,” katanya.

Pada kesempatan itu Sri Mulyani juga mengatakan sektor UMKM memberikan kontribusi kepada PDB mencapai 61%. Angka ini lebih jauh lebih tinggi dari negara di ASEAN maupun di negara G20.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Tak Banyak Negara Sehebat Indonesia, Sri Mulyani Beri Bukti Ini!

(emy/mij)


Quoted From Many Source

Baca Juga  BI Beberkan Outlook Ekonomi & Pertumbuhan Kredit Perbankan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *