2 Peretas Ponsel Kapolda Jateng Ternyata Pelaku Penipuan Jual Beli Online : Okezone News

Berita149 Dilihat

SEMARANG – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng menyebut 2 tersangka peretasan telepon seluler (ponsel) Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi ternyata adalah pelaku kejahatan penipuan modus jualan online.

“Mereka melakukan penipuan dengan market place di e-commerce, jadi bukan hanya peretasan handphone,” kata Direktur Reskrimsus Polda Jateng, Kombes Dwi Subagio, Jumat (18/8/2023).



Para tersangka yang sudah ditangkap itu adalah IW (42) dan RJ (22) ditangkap di Sumatera Selatan. Mereka bapak dan anak. Polisi juga menangkap 2 pelaku lainnya, yaitu HAR ditangkap di Jember, Jatim dan RD di Garut, Jabar.

Kejahatan penipuan e-commerce itu dilakukan mulai tahun 2020. Para korban disinyalir berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Ditreskrimsus Polda Jateng, sebut Dwi, sudah menerima banyak laporan terakit penipuan seperti itu.

“Handhponenya sedang diforensik di Labfor (HP para tersangka), kami sedang telusuri LP (laporan yang masuk ke kami, karena dia ini (para tersangka) sifatnya acak (memilih korban),” sambungnya.

Kerugian yang diderita para korban, sebut Kombes Dwi, variatif. Mulai Rp20juta atau di bawahnya.


Baca Juga: Dorong Desa Wisata, Pertamina Luncurkan Wajah Baru Balkondes Wringinputih


Follow Berita Okezone di Google News


Sementara itu, Kepala Subdirektorat V Tindak Pidana Siber Ditreskrimsus Polda Jateng AKBP Sulistyoningsih mengatakan modus kejahatan para tersangka melakukan penipuan online ini adalah jual beli barang tertentu. Korban diiming-imingi barang dengan harga lebih murah, kemudian diminta mengirim uang terlebih dahulu.

“Tapi ternyata barangnya tidak dikirimkan. E-commerce itu kan ada dananya kayak virtual account, jadi juga ada menghubungi korban mengatakan menang hadiah tertentu, diarahkan para pelaku ini sampai keluar kode OTP. Para pelaku ini pakai 2 handphone, satu telepon satu buka e-commerce,” tuturnya.

Baca Juga  Proyek Tol Ibu Kota Nusantara Ditargetkan Rampung Juli 2024, Begini Progresnya : Okezone Economy

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *